Manfaat Menggunakan SEO Toolbar

Apa itu SEO Toolbar dan apa manfaatnya? SEO Toolbar adalah Toolbar yang berisikan tentang informasi SEO dari suatu situs yang kita buka, baik itu ranking Alexa maupun Pagerank dari situs tersebut ataupun informasi lainnya yang mungkin perlu. SEO Toolbar ini merupakan add on (pengaya) pada browser mozilla firefox.
Tampilannya adalah seperti gambar berikut.


Bila kita membuka suatu situs, maka informasi dari situs tersebut akan otomatis kita ketahui dari SEO Toolbar ini. Informasi yang paling penting menurut saya adalah Alexa dan Pagerank. Dari pada kita repot-repot membuka situs alexa atau pagerank check untuk mengetahui peringkat dari sebuah situs, lebih baik kalau kita memasang SEO Toolbar ini yang otomatis menunjukkan informasi tersebut. Tinggal kita sorot pake mouse, maka peringkat alexa dan pagerank nya akan terlihat. Selain itu,tersedia juga fasilitas Whois yang tinggal diklik kalau misalnya kita perlu informasi tentang domain suatu situs.

Buat apa sih repot-repot masang SEO Toolbar? Lagian tampilannya tidak bagus-bagus amat. Menurut saya SEO Toolbar itu penting, karena pertimbangan berikut:

1. Otomatis kita tahu peringkat dari sebuah situs. Kita bisa membandingkan kepopuleran antar situs yang menawarkan jasa tertentu, misalnya situs web hosting. Kita bisa lihat dan membandingkan antar situs dengan melihat ranking nya. Dan tentu saja, yang memiliki ranking alexa yang lebih kecil adalah penyedia webhosting yang kemungkinan lebih sering dibuka oleh pengunjung atau dengan kata lain lebih populer dari pada yang memiliki alexa yang lebih besar.

2. Selain itu, secara pribadi saya tertarik untuk tahu ranking berapa sih situs-situs yang sering saya buka. Untuk situs berita online di Indonesia misalnya saya memilih detik.com yang memiliki alexa 557 di dunia. Terus untuk situs filesharing, saya memilih mediafire yang alexa nya no. 68. Hemat saya, situs-situs yang memiliki pagerank dan alexa yang lebih baik tentulah lebih baik sehingga menjadi lebih populer dibandingkan dengan situs sejenis yang memiliki alexa dan pagerank yang lebih rendah. Selain itu, ada kesenangan tersendiri melihat-lihat ranking dari situs website ataupun blog yang saya buka.

3. Bisa mencegah kita masuk ke situs phising? Menurut saya, situs-situs yang dijadikan menjadi situs phising itu adalah situs yang terkenal seperti facebook atau twitter. Dan kemungkinan besar situs phisingnya itu memiliki alexa yang anjlok atau mungkin tidak ada sama sekali, sehingga kita bisa tahu kalau situs itu bukanlah situs yang asli.

Untuk poin terakhir, hanyalah pemikiran saya. Tak tahu betul atau tidak, karena saya juga belum pernah mengalaminya. He he.

Tapi intinya, memasang SEO Toolbar itu bermanfaat dan cukup membanding-bandingkan ranking dan kepopuleran dari berbagai situs itu cukup bermanfaat dan menyenangkan. Silahkan dicoba sendiri.

6 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. sorry tadi dooble post internet lelet :)
    bagus jga ni addons sayangnya saya gak begitu mendalam dlam menganalisa SEO blog org lain jd g prnah pke :)
    salam eMingko Blog

    ReplyDelete
  3. Iya gan...
    Sya juga sudah install SEO Toolbar. Memang sangat bermanfaat memberikan informasi tentang Rank web/ blog yang sring kita kunjungi.
    Terimakasih gan informasinya... :-D
    Salam Network

    ReplyDelete
  4. sayangnya di mozilla gan, ane kurang begitu suka mozilla, di google chrome ngga ada yah ?

    ReplyDelete
  5. @Emingko thanks Bro udh berkunjung :)
    @Agus sama2 bro
    @Muhammad Ulil ada juga bro, coba aja

    ReplyDelete
  6. ana udah nerapin tu bro...tpi makek extension yg ada di chrome..
    mmg sgt mmbtnu bgt saat blogwalking...:)

    ReplyDelete