Mengubah Suara Booting Windows

Apakah Anda merasa bosan dengan suara windows ketika dihidupkan atau ketika Anda mematikan komputer Anda? Kayaknya iya kan? (kok saya tau sih :-)) Suaranya begitu-begitu aja, “ting ding ting ding....!”. Kalau Anda merasa bosan dan ingin mengganti suaranya dengan sesuatu yang beda, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:


1. Klik start menu dan masuk ke Control Panel
2. Di Control panel pilih Sound and Audio Devices, akan muncul kotak dialog seperti berikut


3.Pilih tab sound, dan perhatikan Program events. Carilah tulisan Start windows dengan cara menggeser scroll bar pada program events.
4. Setelah itu klik Start windows, perhatikan pada kotak paling bawah yaitu kotak Sounds akan yang akan muncul adalah Windows XP Startup. Itu adalah suara default windows ketika booting. Klik pada kotak, akan muncul banyak suara yang digunakan oleh windows untuk event-eventnya, misalkan ketika windows dimatikan, layar di tutup, flashdisk dipasangkan pada USB, dan lain-lain. Silahkan Anda pilih salah satunya. Untuk mengetes bagaimana bunyi suaranya, anda bisa mengklik tanda panah kecil di samping tombol browser. Kemudian klik tombol apply.
5. Bila Anda rasa suara yang disediakan windows kurang pas, anda bisa mengklik tombol browser, akan tampil layar seperti berikut




Carilah dimana suara yang Anda inginkan. Tapi yang harus Anda ketahui, yang bisa Anda gunakan hanyalah yang memiliki format .wav. Misalkan, saya mencari di My Computer - > Local Disc (C:) -> Windows -> help -> tours -> WindowsMediaPlayers ->Audio -> WAV -> kemudian saya pilih file wmpaud1. Kemudian saya klik OK. Suara untuk event yang Anda inginkan akan berubah menjadi suara yang Anda pilih. Anda bisa memilih file lain yang memiliki format wav, misalkan Anda merekam suara Anda dengan mikrofon, Anda bisa menggunakannya.Tapi kalau suara Anda menyedihkan kayaknya gak usah ya, he he. Ntar rusak komputernya gitu.
Cobalah siapa yang mau.




2 comments:

  1. kalau yang itu udah biasa Mas, saya juga udah tahu... Yang lain dong

    ReplyDelete