Blue Screen Pada Saat Menginstall Windows XP

Ini adalah pengalaman saya ketika menginstall ulang laptop kawan saya yang terkena virus. Sebelumnya, windows XP di laptopnya sudah terformat, tapi gagal di install karena CD ROM nya yang lambat membaca CD.Ketika saya hendak menginstall ulang lagi laptop kawan saya, saat proses loading file-file setup windows tiba-tiba muncul blue screen.


Saya belum tahu penyebabnya yang sebenarnya. Saya coba lagi sampai 3 kali, tetap saja seperti itu. Akhirnya, saya cari-cari jawabannya di google dan saya menemukan solusinya. Dan solusinya ada pada BIOS.



Masuk ke BIOS pada saat komputer dihidupkan dengan menekan F2 atau F10 (tergantung BIOS komputernya). Cari tulisan SATA Mode dan ubah nilainya dari AHCI ke IDE. Kemudian simpan dan keluar.
Terakhir install kan lagi windows XP Anda dan mudah-mudahan sudah tidak ada lagi masalah.

67 comments:

  1. thanks gan..
    peyebabnya sama seperti ku..
    soalnya aku default kan bios..

    ReplyDelete
  2. Thanks gan...
    Sama ane juga ternyata itu masalahnya

    ReplyDelete
  3. makasih sekali ini info berharga setelah 2 haari setres karena gagal instal dan nyoba ini itu gak berhasil akhirnya berkat resep mujarab ini berhasil mantab....

    ReplyDelete
  4. ane udah rubah settingan di atas, gan.
    Tp tetap saja blue screnn nya muncul lg.
    Punya jalan keluar nya ngak gan..???
    Trims...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bongkar semua hardwarenya lalu bersihkan tp jangan d rendem ya????

      Delete
  5. thanks gan sama ane juga berhasil, hamppir aja di suruh beli hardisk...hehehe

    ReplyDelete
  6. hahaha gan,laptop ane sembuh...thanx

    ReplyDelete
  7. makasih banget gun,,,,,,,
    akhirnya

    ReplyDelete
  8. thank agan ane udh 61%lg sukses dah instalasi gw

    ReplyDelete
  9. thank agan ane udh 61%lg sukses dah instalasi gw

    ReplyDelete
  10. Allhamdullilah...Berhasil...thanks agan sukses!!!

    ReplyDelete
  11. Izin coba boz makasih sblum'y,,,???

    ReplyDelete
  12. Makasih agan....1000% mujarab...udah saya coba???

    ReplyDelete
  13. Jamu dari agan manjur banget ><
    makasi gan :D

    ReplyDelete
  14. makasih mas bro..........PC ku dah bisa diinstall....... thanks,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  15. Makasih banget mas...mw bntu instal ulang, mlh jdi repot..untung ktmu ini..jdi lncar...

    ReplyDelete
  16. OK, sobat2. senang bisa membantu

    ReplyDelete
  17. mantab.. ane udah pusing2... untung ada agan,, thanks gan

    ReplyDelete
  18. maaf mz saya mau tanya,kenapa ya setiap kali saya instal ulang windows xp sp2 selalu gagal dan setelah itu blue scree dan ada code seperti ini:
    Stop***oxooooooo1A(oxoo227010,oxooooooo2,oxooooooo1,ox808278c8) mz tolongin saya,saya baru mengalami hal yang seperti ini dan saya udah coba instal win sp 3 tapi tetap juga gagal..terimakasih

    ReplyDelete
  19. mungkin ada hardwarenya yg rusak gan...

    ReplyDelete
  20. install xp nya kenapa lemot bgt ya? Ada yg ngalamin jg?

    ReplyDelete
  21. bray, nginstalnya itu pakek windows XP yang apa ??, SP brp ??, pakek yang SATA ??

    ReplyDelete
  22. bray, nginstalnya itu pakek windows XP yang apa ??, SP brp ??, pakek yang SATA ??

    ReplyDelete
  23. apa bisa buat cara kaya gitu untuk buat dual boot...
    punyaku window 7 ori, dan aku mau buat dual boot untk XP,
    pas mau instal XP, malah timbul blue screem..

    kya apa solusinya?

    ReplyDelete
  24. Sama kejadiannya kaya netbook acer aspire one D270 pnya tmn ane... Udah ikutin step kaya di atas tp msh blue screen persis kya gtu.. Ad solusi lg gan? Thx b4...

    ReplyDelete
  25. Thanks Gan....
    Problem Ane Lngsung Lenyap....
    Salam Blogger Gan...
    Di tunggu Kunjungannya.....^_^

    ReplyDelete
  26. tpi w pentium 4.. w bingung cari IDE nya diman??please gan tolongin

    ReplyDelete
  27. Thank you bro.... Lancar dah sekarang ane nge instal xp nya... udah 3 minggu nyari solusi eh baru ketemu sekarang... :D

    ReplyDelete
  28. makasi om, akhirnya kompi ane udh 2 bulan mati skrng fit kmbali

    ReplyDelete
  29. termia kasih banyak om bosssss.. ni udah mau masuk,,,t adi sempet pusing

    ReplyDelete
  30. kalo ga ada settingan sata nya gmn gan??

    ReplyDelete
  31. gan mau tanya, laptopku samsung tapi di bios untuk sata mode-nya gak ada jadi gak bisa di install windows, ada solusi lain gak?

    ReplyDelete
  32. gan mau tanya, laptopku samsung tapi di bios untuk sata mode-nya gak ada jadi gak bisa di install windows, ada solusi lain gak?

    ReplyDelete
  33. thanx Gan..
    Berbagi itu memang Indah..
    sukses ya!!

    ReplyDelete
  34. kalau saya tidak bisa menemukan sata mode di laptop saya tu gan,,gmna lg cara nya gan.....

    ReplyDelete
  35. HP 430 gan,,tolong kasih obatnya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di HP 430 mmg di BIOS nya gak ada pilihan itu Mbak. Kenapa laptopnya gak diinstall windows 7 aja. Kl mau install XP juga agak repot. Harus download driver SATA dulu. Kemudian buat CD XP modifikasi sendiri pakai aplikasi nLite dari, ntar diprosesnya itu ditambahkan driver SATA yang tadi. Lumayan repot deh. :D
      Intinya ntar CD XP yang kita modif tuh sudah punya driver SATA bawaan. Download SATA drivernya coba cari di google aja. sama nlite dan juga cara makenya :D

      Delete
  36. kalo ga ada tulisan SATA Mode gimana gan??? soalnya neh PC jadul banget gan....... ada cara lain ga???? makasi sebelumnya......

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasany kl komputer jadul hrsnya pybab blue screen nya pasti hal lain. bukan karena SATA mode. Merk PC sama BIOS nya apa?

      Delete
    2. TriGem computer,inc
      sistem model : culver
      bios version : 2.03

      waktu di instal windows xp jalan seperti biasa, tp saat copy file akan muncul blue scren...... tulisannya error....... bla...bla. sengaja saya gantikan dngan CD windows yang baru tp tetap ja yang sama... ada solusi ga??? makasi gan... ^_^

      Delete
    3. kurang tau juga gan. Maaf ya. Kalo ada RAM lain coba diganti RAMnya. Kemudian saya juga pernah pengalaman blue screen waktu install XP karena hardisknya ada bad sectornya. Kl yg masalah ternyata adlh hardisk bad sector, smua isi hardiskny musti di format bersih dan sblumnya backup dulu kl ada data yg perlu pakai linux live atau hiren boot's. Setelah itu, perkiraka aja di bagian mananya HD nya bad sector, apa di 5 GB awal atau di 10 GB awal atau di 20 GB awal. Nanti bagian bad sectornya gak usah dipakai. XP nya diinstall di bagian yang bagus aja.

      Delete
  37. Terimakasi Om... saya dah bisa install win XP

    ReplyDelete
  38. aseek.....
    akhirnya nemu jg... tangkiyu gan imponya...

    ReplyDelete
  39. thanks gan work......
    jempoll siippp....

    ReplyDelete
  40. gann bios gw gak ada SATA MODE....
    ada cara lain ga??

    ReplyDelete
  41. service komputer panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete
  42. trims gan hampir nyerah semoga amal mu di balas di kemudian hari amin

    ReplyDelete
  43. Sungguh2 sangat membantu.. maksih banyak bos..

    ReplyDelete
  44. Bagi yg tidak bisa,mungkin recomended Windows di bios.a bukan Windows 7 ,nnti di ganti insyaallah bisa gan :D

    ReplyDelete
  45. Di bios tdk ada sata mode, ada cara lain ngak...??? Makasih

    ReplyDelete