Pages

Booting Failure

Pernahkah komputer Anda tidak bisa dihidupkan? Waktu dihidupkan di layar yang tampil adalah gambar seperti di bawah ini:

 


Nampak gak gambarnya? Kalau gak nampak, ya pelototi coba. Kalau belum nampak juga, udahlah, yang penting masalahnya kayak yang tadi itu, yang muncul di layar tulisan booting failure.Saya ingin berbagi pengalaman, bukan ngajarin(karena saya bukan guru). Yang saya ajarkan ini juga bukan berasal dari buku, tapi langsung praktekkan ke komputer saya yang sudah tua dan penyakitan. Komputer saya kalau dihidupi, seringkali gagal booting, muncul tuh tulisan di layar : booting failure... bla bla (gak hafal).
Langkah-langkah yang saya ambil kemudian adalah berikut ini:

1. Hidupkan komputer, sebelum nampil layar yang macet tadi tuh, depan CPU nya itu saya tampar (jangan kuat-kuat), ntah 3 - 4 kali sekaligus saya goyang-goyangkan tuh CPU. Gak dikira cara ini kadang-kadang manjur dan komputer saya bisa hidup. Untuk yang tak kuat darahnya gak usah coba-coba deh... he he (emang bahaya?)
2. Kalau itu tak berhasil, yang saya lakukan adalah mencopoti kabel-kabel yang di CPU nya, termasuk kabel daya dan kabel data ke hardisk,memori (RAM) nya saya cabut. Eh, saya lupa bilang kalau komputer saya casing samping penutup CPUnya udah hilang. Kalau komputer Anda saya gak tahu. Kalau belum buka dulu lah casingnya. Gak berani, ya udah. gak usah.Bawa aja tuh komputer ke tukang service.
3. Kemudian bagian dalam CPU semuanya saya bersihkan pake kuas... Setelah bersih, saya pasangkan lagi semua kabel-kabel yang tadi saya copot, RAM nya juga di pasang.
4. Setelah selesai, hidupkan lagi komputernya. Hore, berhasil... Komputer saya berhasil dihidupkan. Tapi komputer Anda saya gak tahu.
5. Itulah yang saya lakukan tiap kali komputer saya ngulah dan Alhamdulillah, tingkat keberhasilannya bisa sampai 90 % dengan simpangan rata-rata 2% dan deviasi 3 % ( kok jadi statistik gitu ya?)

Kalau komputer Anda punya gejala yang sama dengan komputer saya, silahkan Anda lakukan seperti yang saya lakukan. Kalau tidak berhasil hubungi service komputer terdekat dengan kota Anda. Atau hubungi toko komputer terdekat dan beli komputer baru... he he. Wassalam


Peluang mendapatkan laptop Acer gratis dengan mengikuti kontes di faceblog


No comments:

Post a Comment