Memperbaiki Printer Canon IP 1980

Kemarin tepatnya tanggal 18 Mei 2010, printerku yang belum lama ku beli , kira-kira baru 2 bulan menunjukkan ulah yang cukup sadis . Ia sepertinya ingin mengujiku. Di saat ia dibutuhkan, saat ngeprint keluarlah pesan yang menjengkelkan, seperti di bawah ini




Di situ tertera kalimat yang membuatku jengkel. Betapa tidak, tinta di infus printerku masih penuh, tapi di bilangnya tinta hitamnya sudah habis. Ku cobalah segala cara untuk mencoba memperbaikinya.Alhasil, karena masih gaptek soal printer ini, hasilnya hanya tanganku penuh dengan tinta, dan malah printerku makin rusak. bukan cuma hitamnya yang tak bisa, tetapi juga tinta warnanya.

Akhirnya karena pas waktu zuhur itu, habis shalat ku panjatkanlah doa kepada Yang Kuasa, . Memohon pertolongan, berserah diri. Mengaku kelemahan dan kekurangan. Ternyata datang penolong,seorang kawan, namanya bang Ahmad, yang kemudian ku minta tolong buat ngebetulin printerku.

Pertama-tama, beliau menginterogasiku. Dia nanya bagaimana caraku menangani printerku tadinya. Ku ceritakanlah semua keluh kesahku dan curhat (lho?). Ku katakan juga bahwa tempat infus printernya ku angkat ke atas dengan maksud biar tintanya masuk ke cartridgenya.

Dan ternyata itulah yang fatal, sesuatu yang belum diketahui pemula sepertiku. Dengan melakukan itu, aku telah melakukan hal yang kejam kepada printerku dan ingin menghancurkan salah satu organ tubuhnya(cartridge) . Maafkan aku ya Allah (Lho apa hubungannya?) Langsung sajalah kita lihat apa yang dilakukan oleh seorang Bang Ahmad kepada printerku yang sedang terluka.

1. Lepas cartridge dari printer
2. Lepaskan infus dari printernya
3. Ketiga, bersihkan cartridge(dalam hal ini cartridge warna, terserah mana yang kira-kira perlu dibersihkan) dengan cara merendam kira-kira 3 detik sedikit bagian bawahnya di air hangat. Hati-hati, jangan sampai terkena bagian apa itu namanya, yang itu.. apa sih namanya.Pokoknya bagian elektroniknya itu loh. Tahu kan?. Kemudian angkat sebentar dan kemudian rendam lagi. Begitu seterusnya sampai kira-kira cartridgenya sudah bersih dari tinta-tinta nakal.Letakkan ditempat bersih, jangan letakkan bagian bawah cartridgenya.
4. Buang saja sedikit tinta dari infus, dengan cara mengalirkannya lewat selangnya.Buangnya jangan ke kantong baju ya . Saat tinta di selang masih penuh sampai ujung selang, ikat ujung selang dengan cara melipatnya dan di ikat karet.
5. Pasangkan kembali selang infusnya ke cartridge. Ikatan karetnya jangan di buka dulu. Baru kemudian cartridge dicangkokkan kembali ke perut printernya
6. Selanjutnya printernya bisa dicoba. Hidupkan komputer dan lakukan proses Deep Cleaning pada printernya.Apa itu deep cleaning? Itu adalah fasilitas yang dimiliki software printer canon untuk melakukan pembersihan, tintanya akan diisap pelan-pelan kedalam cartridge.Lihat saja di program printernya di komputer anda. Lakukanlah deep cleaning sampai tinta printer anda kembali normal dan bisa mencetak dengan sempurna foto semisal foto berikut :




Good Luck!

15 comments:

  1. Bos, kalau catridge hampir/mendekati kering gmn ngatasinya? soalnya hasilnya udah g karuan kalo d buat ngeprint...

    ReplyDelete
  2. Sory ya kalau misalnya jawabanny krg memuaskan, jawabannya dengan pertanyaan balik. Merk printernya apa? Trus gak karuannya gimana? apa bergaris-garis, atau tintanya gak keluar, atau gak mau ngeprint? :)

    ReplyDelete
  3. kalau punya.q di rumah, tinta warnanya tidak keluar, gimana cara perbaikinya,,?

    ReplyDelete
  4. hmmm.. tulisan yang bermanfaat nih. nambah-nambah referensi. makasih om atas sharingnya.
    Saya juga ada nulis dikit nih om tentang game hp N73 , silahkan dikunjung. he..he

    makasih om

    ReplyDelete
  5. @Sandi, tintanya gak keluar, tp gak ada pesan error? bisa jadi tintanya habis... coba diisi ulang.
    Kalau gak coba di reset. Caranya kalau blm tau, sebelum kabel power printernya di colokkan, tekan tombol power,tanpa melepas tombol powernya colokkan kabelnya, kemudian tenpa melepas tombol powernya tekan tombol reset 2 kali, baru di lepas.
    Nanti di komputer printernya akan terdeteksi sebagai printer baru...

    @muhammad abidin, OK, makasih juga

    ReplyDelete
  6. cartridge yang rusak yang dikomputer terbaca error?

    ReplyDelete
  7. om gun,, printer di rumah saya tinta warnanya gak mau keluar terutama yang merah sama yang biru yang bisa hanya warna orange,,, sewaktu mau ngeprint warna yang keluar hanya warna orange...

    gimana cara memperbaikinya, tolong bantuannya om gun???

    ReplyDelete
  8. makasih infonya gan,
    kebetulan printer ane lagi ngadat.

    ReplyDelete
  9. kalo salah satu wwarna aj yang ndak keluar knp ya?
    tolong pencerahannya_
    padahal tintanya masih banyak

    ReplyDelete
  10. KENAPA PRINTER KU GA BISA MEMBACA WARNA HIJAU...?

    ReplyDelete
  11. Boss...padahal tinta masih banyak dan ga ada peringatan apa apa...setiap gambar yang aku cetak warnanya jadi pink dan agak kuning sama sekali ga ada warna yang lain...kenapa tuh...mohon jwbannya...makasih boss..!

    ReplyDelete
  12. Bos,, printer saya merk canon ip1980
    mau tanya donk.
    printer saya hidup, conektor ke komputer jg baik, catride terisi tinta..
    tapi knp waktu print tidak mencetak sama sekali..

    ReplyDelete
  13. Bos,, printer saya merk canon ip1980
    mau tanya donk.
    printer saya hidup, conektor ke komputer jg baik, catride terisi tinta..
    tapi knp waktu print tidak mencetak sama sekali..

    ReplyDelete