Instalasi Java di Windows

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin menginstal Java di komputer dengan sistem operasi Windows adalah memiliki master program Java yang bisa didapat dengan mendownloadnya di situs Oracle atau praktisnya bisa Anda minta pada kawan Anda yang punya.
Setelah itu, yang perlu dilakukan adalah :

1. Buka direktori tempat master programnya tersimpan dan klik 2 kali


2. Akan muncul tampilan seperti berikut, klik Accept.


3. Untuk langkah berikutnya tinggal klik next, dan terakhir klik Finish. Java sudah terinstal di komputer Anda


4. Agar Java dapat dipakai di komputer Anda, perlu dilakukan setting Path agar nanti perintah-perintah Java dapat dikenali oleh komputer Anda. Caranya yang paling mudah adalah dengan mengklik kanan My Computer di komputer Anda. Pilih properties




4. Pada properties, klik tab Advanced, kemudian pilih Environment variables, sorot pilihan Path, dan klik edit.




5. Tambahkan C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_13\bin pada kotak isian variable value, seperti terlihat di bawah ini, jangan lupa pisahkan dengan tanda ; (semicolon) dengan variabel value lainnya. Catatan : C:\Program Files\Java dari direktori di atas merupakan tempan program Java terinstal. Bila Java terinstal pada folder lain tinggal disesuaikan saja sesuai dengan direktori di mana Java diinstal.



6. Langkah selanjutnya adalah pengetesan apakah komputer kita sudah mengenal perintah-perintah Java. Buka command prompt nya windows dari Start menu, klik run dan ketik cmd dan klik OK. Ketikkan perintah " javac " (tanpa tanda kutip). Bila muncul tampilan seperti berikut, berarti program Java pada komputer Anda sudah bisa dan siap dipakai. Bila masih terjadi error, mungkin ada yang salah dengan langkah 5 di atas.




Selamat mencoba......

Note : Tulisan ini hanya untuk pemula, seperti saya :)
dilarang ketawa :)




2 comments:

  1. Gua gak mau ngtawain ah. Gw cuma blang smakin tinggi ilmu yg lu dapat semakin berendah hati dan berbagi ilmu kpda yg mau belajar yg sesuai dgn bidang lu. Suatu saat apa yg u lakuin baik ksemua orang suatu saat u akan di perlakukan baik dn di istimewahkan oleh banyak orang. :-D

    ReplyDelete