Pages

Sharing Antar Laptop dengan Jaringan Ad hoc

Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan saya yang sebelumnya.Sebelumnya kita sudah membuat sebuah jaringan Ad-hoc, tapi belum selesai, karena belum bisa dimanfaatkan.
Langkah yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah :

1. Buka Control Panel, pilih network connections
2. Klik kanan Wireless network connection, dan pilih properties
3. Pada jendela wireless network connection properties pilih tab wireless network



4. Pada Preferred network tampak jaringan-jaringan wi fi yang tersedia, jaringan yang ingin kita buat belum ada. pilih add. Akan tampak jendela seperti berikut:


5. Isi Network Name (SSID) dengan nama jaringan yang anda inginkan. Non-aktifkan pilihan The key is provided for me automatically. Isi password (key) dengan password yang sebelumnya sudah Anda buat untuk jaringan Anda.Hal itu sudah saya bahas pada tulisan sebelumnya. Passwordnya harus yang itu. Bila tidak akan muncul pesan error. Setelah selesai klik OK dan OK sekali lagi.

6. Jaringan Anda sudah siap dipakai. Tinggal Anda koneksikan. Klik kanan lambang wi fi yang ada di sebelah kanan bawah pada bagian taskbar windows, dan pilih View Available Wireless Networks. Tampak jaringan yang kita buat sudah tersedia. Tinggal kita klik connect



7. Panjang juga ya ternyata, belum selesai juga. :(
Bila ingin sharing dengan menggunakan jaringan ini, kawan Anda tinggal konek ke jaringan(tentu saja passwordnya harus Anda kasih tahu :)).
Sudah selesai?Untuk membuat jaringannya sudah. Tapi untuk bisa sharing belum bisa.


File yang bisa disharing di jaringan hanyalah file yang memang sudah dibuat untuk di share. Anda harus menyediakan sebuah folder share di laptop Anda. Caranya mungkin Anda sudah tahu. Kalau belum, caranya adalah

1.Buka My Computer.

2. Klik kanan Shared Document, pilih properties, dan tab sharing. Enable-kan pilihan Share this folder on network. Nama foldernya bisa Anda ubah dengan nama yang Anda inginkan, atau bisa Anda biarkan saja.Kemudian klik OK



3. Folder tersebut sekarang sudah bisa di share di jaringan dan logo foldernya sudah berubah menjadi logo yang ada gambar tangan dibawahnya.

4. Pada laptop kawan Anda juga harus di setting folder yang siap untuk di share. Untuk melihat file kawan Anda yang terhubung ke jaringan dan punya file yang di sharing bisa Anda lihat dengan cara klik My Network Places yang tampak di sebelah kiri pada jendela My Computer. kemudian pilih View Workgroup Computers dan kawan Anda yang terhubung ke jaringan akan tampak.

Sekarang Anda dan kawan Anda sudah bisa sharing. Tinggal Copy Paste aja file yang dia sediakan di folder share-nya ke laptop Anda.




Akhirnya selesai juga, kalau ternyata di laptop Anda belum bisa, silahkan kasih komentar.... :D








2 comments: