Mahir Menggunakan Keyboard Sebagai Alternatif Mouse

Apa yang akan Anda lakukan kalau mouse Anda rusak atau hilang, sedangkan ada yang harus Anda kerjakan dengan komputer Anda. Yang bisa Anda lakukan adalah beli baru, atau minjam sama kawan. Jadi, kalau itu solusinya, apa gunanya tulisan ini saya buat? Apa kata dunia?

Sebaiknya kita sebagai pengguna komputer tidak harus selalu tergantung pada mouse. Tidak ada rotan akar pun jadi, tak ada mouse keyboard pun jadi lah. Bahkan kadang dengan keyboard, pekerjaan lebih mudah ketimbang menggunakan mouse.
Untuk dapat menggunakan keyboard dalam mempermudah pekerjaan kita, atau sebagai alternatif mouse, kita harus tahu short cut. Short cut dalam hal ini adalah tombol atau kombinasi tombol yang digunakan untuk mengerjakan suatu perintah. Tapi disini, OS yang digunakan adalah Windows. Kalau untuk OS yang lain, mungkin akan banyak yang berbeda. Kita akan coba untuk mengeksplorasi windows eksplorer dengan menggunakan keyboard.

Langsung saja kita praktekkan ya biar mudah. Dalam hal ini kita tidak menggunakan mouse, kita asumsikan mouse kita hilang ditelan bumi. :)

1. Tekan tombol Win-key (tombol yang ada logo windowsnya) + E. Jendela windows explorer akan terbuka.


2. Pindah-pindahkan pilihan (file atau folder) Anda dengan menekan tombol panah

3. Untuk berpindah dari sidebar (yang sebelah kiri) ke sebelah kanan atau sebaliknya atau ke address bar, tekan tombol F6 pada keyboard. Anda akan lihat pengaruhnya.

4. Untuk menyeleksi folder atau file (logonya atau nama folder/filenya) dikelilingi oleh garis-garis putus, tekan tombol spasi (space bar). Kemudian setelah terseleksi baru tekan Enter untuk membukanya.

5. Untuk mempercepat mencari file/folder dari sekumpulan file yang banyak, ketimbang anda membaca namanya satu-satu, tekan saja huruf awal dari nama file. Nanti file-file yang namanya diawali dengan huruf yang bersangkutan akan terseleksi satu-satu.

6. Tekan tombol backspace untuk kembali ke jendela yang aktif (yang anda buka) sebelumnya.

7. Untuk masalah copy paste, dan cut pastinya Anda sudah tahu. Seleksi filenya, untuk copy tekan Ctrl + C dan untuk paste tekan Ctrl + V dan untuk cut tekan tombol Ctrl + X. Kemudian untuk menghapus file tekan tombol delete (Del). Untuk mengganti nama file tekan F2.

8. Untuk pengganti klik kanan dengan mouse, di keyboard terdapat tombol short cut ( bergambar selembar kertas dan tanda pointer). Letaknya biasanya di sebelah kanan space bar dan alt. Coba Anda praktekkan dan lihat hasilnya.


9. Untuk memilih item-itemnya, misalnya explore atau Open, copy paste dan sebagainya gunakan tombol panah. Tapi untuk mudahnya, pada setiap pilihan ada huruf yang digaris bawahi. Tinggal Anda tekan huruf tersebut sesuai dengan pilihan yang ingin anda lakukan. Misalnya untuk Paste, huruf yang digaris bawahi adalah huruf P, maka tekan P.

10. Untuk membuka sebuah aplikasi dari start menu tekan tombol Win-key dan gunakan tombol panah untuk memilih.

11. Bila Anda membuka beberapa jendela, dan ingin berpindah jendela. Tekan tombol Alt, tahan dan kemudian tekan tombol Tab. Pilih jendela yang ingin Anda buka dengan tombol tab, tanpa melepas tombol Alt.

12. Untuk berpindah ke dekstop tanpa menutup jendela explorer ataupun aplikasi, tekan tombol Win-key + D, dan untuk kembali membuka jendela aplikasi tekan tombol Alt + Tab seperti langkah 11.

13. Untuk menutup jendela explorer tekan tombol Alt + F4 atau Ctrl + W

14. Untuk membuka help windows tekan tombol F1 dan untuk fasilitas search windows tekan tombol F3.

Mungkin masih banyak penggunaan kombinasi tombol yang lainnya. Silahkan Anda bereksperimen. Silahkan Anda mencoba untuk mengeksplorasi komputer Anda dengan menggunakan keyboard. Yang pastinya, bila Anda sudah tahu hal ini, maka Anda tidak perlu bingung kalau tidak ada mouse.

Selamat mencoba....


4 comments: