Pages

Mengatasi Koneksi Yang Lambat di Warnet (2)

Sekarang saya jarang internetan di warnet, lebih sering memakai laptop dan cari daerah aman (yang ada wi fi) di kampus buat internetan.Di kampus saya USU sudah banyak sekali access point, walaupun 80 % dikasih password.
Beberapa hari yang lalu saya malas ke kampus dan memilih warnet buat nge-net. Pas masuk salah satu warnet, saya tersenyum karena pengunjungnya lagi sepi, cuma 2 orang dan tersedia 10 unit komputer.

Kemudian saya pake salah satu komputer. Saya berharap koneksinya cepat. Apa yang terjadi membuat saya terharu. Keharuan yang berbuah rasa sesal dalam hati, kenapa saya masuk warnet yang koneksinya lambat..!

Saya coba cara-cara untuk mempercepat koneksinya, bukan dengan pengaturan browsernya, tapi dengan mengubah IP komputernya(Asal Admin-nya gak tau, ntar dia marah :D)

Ternyata setelah saya ubah IP komputernya, koneksi saya menjadi lumayan cepat. Saya bereksperimen dengan mengembalikan IP-nya ke yang semula dan ternyata koneksinya kembali menjadi lambat. Saya tidak tahu pastinya apa sebabnya. Tapi mungkin hal ini juga bisa Anda coba. Tapi sebelum dicoba, pastikan dulu si Admin tidak sedang berada di samping Anda :)

Kalau Anda belum tahu cara mengubah IP komputer, berikut ini caranya :

1. Klik kanan logo sambungan LAN pada taskbar di kanan bawah dan pilih status


2. Pada jendela Local Area Connection Status pilih properties


3. Kemudian akan muncul kotak dialog berikutnya, pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik properties


4. Ubah IP Address komputer, silahkan cobai saja nomor IP berapa yang bisa memberikan koneksi yang maksimal.


Silahkan dicoba, mudah-mudahan Anda juga bisa.

Note : Ada juga warnet yang Adminnya tidak memperbolehkan penggunanya mengotak-atik komputernya. Akses terhadap komputer bagi penggunanya hanya sekedar internet dan mungkin membuka program-program tertentu seperti Office dan yang lainnya. Dalam hal ini tips ini tidak akan bisa dilakukan. Please contact your Administrator :)




11 comments:

  1. sip, mantap dah... cocok untuk jaga-jaga pas datang ke warnet yang lemot. hehe..

    titip link http://www.ch4ndr4.com

    ReplyDelete
  2. IP nya di ubah jadi berapa gan?

    ReplyDelete
  3. ganri nomer dns berapa gan.?????????????/

    ReplyDelete
  4. Kenapa pas kita ganti ip yang lain koneksinya bisa cepat?
    menurut saya :
    Karena warnetnya membatasi kecepatan berdasarkan ip address tadi.
    biasanya pake mikrotik.

    kadang billingnya udah canggih gan. ada billing yang pas kita buka jendela properties tadi langsung tertutup dianya dianya.



    ReplyDelete
  5. Masuk aja blog saya :D
    Mempercepat koneksi ufi-jkt48.blogspot.com
    Cuma memaksimalkan koneksi aja kok :)

    ReplyDelete