Print Screen dan Paint

Hal ini baru saya tau, serius. Apaan? Bahwa kalau selama ini saya nge-print screen layar komputer untuk tutorial, saya tekan tombol print screen, kemudian saya buka program paint dan saya paste dengan menekan Ctrl + V. Kemudian saya edit sedikit dan langsung saya save dengan type file default 24-bit Bitmap (*.bmp;*.dib). Nah masalahnya ada disini. Ketika saya hendak menguploadnya ke blogger ternyata membutuhkan waktu yang lumayan lama dan bahkan sangat lama sampai saya bosan.


Kemudian, saya berpikir mungkin menyimpan file dengan type default itu ukuran filenya cukup besar. Saya coba-coba semua type filenya, dan terakhir saya tahu kalau yang paling kecil ukuran file-nya adalah dengan type PNG.

Bila misalnya, dengan type file bitmap(bmp) ukuran filenya adalah 795 KB, maka bila disimpan dengan type file PNG ternyata ukurannya hanya 19 KB. Jauh perbedaannya, dan tentu lebih menguntungkan bila ingin kita upload ke internet.

Mungkin Anda sudah lama mengetahuinya. Tapi saya terus terang baru memperhatikannya sekarang. :)

No comments:

Post a Comment