Tips Memilih Web Hosting

Apa itu hosting? Menurut wikipedia hosting (web hosting) adalah merupakan salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet.[1]
 
Sederhananya, bisa dikatakan hosting adalah sama saja dengan komputer biasa yang digunakan sebagai penyimpan data, tapi memiliki teknologi dan beberapa persyaratan tertentu yang mendukungnya untuk bisa menyediakan layanan penyimpanan data 24 jam non-stop. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca di sini
Selain istilah hosting ada juga istilah domain. Domain (nama domain) merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.[2] Itu istilah teknisnya. Untuk memudahkan pengertian, anggaplah domain itu sebagai alamat rumah bagi suatu situs web di dunia internet. Kalau kita sering menyebut atau pernah mendengar istilah dot com (.com), dot ac dot id (.ac.id), nah itulah yang disebut dengan domain. Kalau tertarik mengetahui lebih detail tentang domain, Anda dapat membacanya di sini

Untuk memilih hosting, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Beberapa hal di antaranya adalah :[3]

1. Kualitas Fitur
Fitur merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan dalam membeli hosting.
Beberapa fitur utama yang harus Anda cek sebelum menyewa sebuah hosting adalah:
- SPACE (Besar kapasitas hosting, semakin besar semakin baik).
- Bandwidth (Besar data load yang diberikan baik dari upload maupun download, semakin besar semakin baik).
- Uptime (Agar website tidak sering down, pilih hosting yg uptimenya stabil, setidak-tidaknya 98% ke atas, cek di: http://host-tracker.com)
- My SQL (lebih banyak lebih bagus)
- Addon Domain (berguna bagi Anda yang ingin mempunyai lebih dari 1 domain dalam 1 account hosting)

2. Perbandingan Harga
Dengan melihat fitur-fitur yang disediakan, maka bandingkan harga yang ditawarkan oleh masing-masing provider hosting. Lebih murah tentu lebih baik. Pilih yang murah, tapi pertimbangkan jangan sampai murahan. Dan harus dipertimbangkan dan diperjelas harga suatu layanan hosting kepada providernya, apakah harga layanannya akan tetap, atau suatu waktu bisa melonjak. Kalau tidak diperjelas, bisa saja nanti kita dirugikan.

3. Banyaknya Klien
Banyaknya klien sebuah web hosting tentu bisa menjadi ukuran apakah sebuah provider hosting itu memiliki layanan yang berkualitas atau tidak.

4. Sesuaikan dengan Kebutuhan
Pastinya Anda bisa meramalkan berapa besar kira-kira penyimpanan yang Anda butuhkan untuk web Anda. Kalau misalnya Anda hanya membutuhkan besar penyimpanan kira-kira 150 MB dengan harga 50 rb pertahun, untuk apa Anda menyewa hosting dengan harga 100 rb perbulan hanya karena tergoda dengan penyimpanannya yang unlimited.

5. Lokasi Server
Lokasi server hosting merupakan salah satu hal yang penting. Anda tahu dan harus tahu kalau dekat jauhnya server bisa menentukan kecepatan akses sebuah situs web. Bila Anda menyewa sebuah hosting untuk web suatu produk misalnya, maka Anda harus melihat target marketingnya dimana dan kemudian harus Anda sesuaikan hosting yang hendak Anda sewa letaknya dimana.

6. Support
Bagaimana pelayanan dari sebuah provider hosting juga tentu harus menjadi perhatian. Tentu kita menginginkan sebuah web hosting yang dikelola secara profesional yang ditandai dengan supportnya yang responsif, sabar, dan selalu online 24 jam penuh 7 hari dalam seminggu.

 7. Kelengkapan Alamat
Sebuah provider hosting yang baik tentu memberikan informasi tentang alamatnya. Walau klien tidak datang ke tempat, namun setidaknya dengan adanya alamat itu klien dapat lebih tenang dan percaya kepada provider.

8.Usia Perusahaan
Semakin lama usia sebuah provider, biasanya semakin berpengalaman mereka menangani masalah hosting, walaupun tidak selamanya begitu.

9. Adanya garansi
Hal terpenting lainnya adalah adanya garansi yang disediakan oleh provider. Misalnya, garansi selama 30 hari. Apabila dalam waktu tersebut klien tidak merasa puas dengan layanan yang diberikan, maka uang bisa diminta kembali. Tentunya dengan adanya garansi dan percobaan selama 30 hari, klien bisa menilai layak atau tidakkah provider hosting tersebut digunakan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan bila hendak menyewa sebuah hosting. Jadi, silahkan Anda sewa web hosting yang menurut Anda sudah mantabbb (qolqolah). Jangan sewa ke saya, saya gak menyediakan :)

4 comments:

  1. kumplet banget tipsnya gan, dlu aku pernah beli web hosting murah, tapi akhirnya dapat masalah. tips ini layak dipertimbangkan untuk memilih hosting terbaik.
    thanks you infonya...

    ReplyDelete