Pageview Yang Menipu

"Wah, baru beberapa bulan ngeblog pageview-nya sudah ratusan ribu" . Kita terkadang merasa kaget bila berkunjung sengaja atau tidak ke sebuah blog yang tampaknya masih baru namun memiliki pageview yang sudah sangat tinggi.

Kita bisa kagum sekaligus cemburu melihat blog yang masih "muda" memiliki pageview tinggi bila kita melihat blognya memang pantas untuk mendapatkannya. Tulisan-tulisan pada blog itu memiliki nilai plus dan tampilannya juga tidak asal-asalan. Sehingga tidak mustahil banyak yang berkunjung di blog tersebut.



Akan tetapi, kita juga bisa mencibir ketika melihat blog yang tampilannya masih terbilang biasa-biasa saja dan dengan artikel-artikel yang kurang atau bahkan tidak menarik, bisa mendapatkan pageview yang tinggi. Bahkan banyak dari tulisannya tampaknya adalah hasil copy paste dari blog lain. Kita menjadi curiga kalau pageview yang tampak di blog tersebut bukanlah pageview yang asli, akan tetapi palsu dan menipu.

Kita tahu, begitu banyak cara untuk meningkatkan pageview dengan cara yang curang. Ada dengan "kecurangan" yang tidak disadari maupun yang disadari. Contoh dari kecurangan yang tidak disadari adalah dengan sering me-refresh halaman artikel kita secara manual. Hal ini sering dilakukan oleh blogger pemula karena cenderung ada ketertarikan untuk melihat-lihat kembali tulisannya. Contoh lain misalnya, bila kita mengukur berat blog kita dengan menggunakan fasilitas dari iwebtool.com maka otomatis pageview blog kita ikut bertambah. Tanpa kita sadari kita telah menambah pageview yang "tidak murni" pada blog kita. Mungkin masih banyak contoh lain dari kecurangan yang tidak disadari ini. 

Untuk kecurangan yang disadari / disengaja tentu banyak contohnya. Yang sering dipraktekkan orang adalah dengan memakai proxy. Katanya dengan menggunakan proxy, pageview di blog kita bisa mencetak rekor ribuan pageview perhari. Dengan begitu, katanya blog kita bisa menjadi semakin dipandang oleh mesin pencari google.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal itu. Dunia internet adalah dunia hitam putih. Setiap kepala memiliki isi yang berbeda-beda. Bisa jadi apa yang menurut kita kurang pantas, menurut orang lain adalah hal yang pantas.Begitu juga halnya dengan cara meningkatkan pageview blog ini. Ada yang murni, ada juga yang "terkontaminasi".

Satu hal yang pasti, semuanya tergantung dari motivasi dari tiap pribadi. Bila motivasi dari membuat dan menulis di blog hanya untuk mendapat uang dan ketenaran, maka sering kali hal-hal yang curang (menurut sebagian orang) akan dihalalkan.Yang penting tujuan bisa tercapai. 

Akan tetapi, orang yang menjadikan dunia blogging sebagai kesenangan dan motivasinya adalah berbagi pengetahuan dan inspirasi dengan sesama, maka pageview yang tinggi bukanlah tujuan utama. Tujuan utamanya adalah berbagi bukan pageview tinggi. Karena ia tahu, pageview sering kali menipu.


30 comments:

  1. Untuk Mas sendiri pilih yang mana? Kalau aku semuanya perlu! Yang penting jangan curang. Kalau kita orang beragama, tentu paham hukum mencari duit dari hasil kecurangan. Untuk pageview yang tinggi mungkin jadi kebanggaan jika itu hasil yang murni. Yang menyedihkan kalau bangga punya pageview tinggi tapi dari hasil kecurangan. Memang 100% benar Mas bahwa dunia maya itu "hitam-putih"......

    ReplyDelete
  2. good post sobb..
    pageview emang perlu.. tapi kalo dilakukan dgn curang juga sih.. buat apa... gak ada untungnya.... .. mengalir aja kayak air... :D

    ReplyDelete
  3. @isman sy lbh baik mmbuat tulisan yg bgus ktmbang lgsung menghrpkn uang

    @camp thanks

    @shinobi yes U're rigth Bro

    @Said yups

    ReplyDelete
  4. Nice posting gan,,
    yang penting tidak ada yang di rugikan, kalau emang kopas ya disertakan source nya, lebih baik lagi kalau injin terlebih dahulu, aku juga kadang melakukan hal demikian,,tapi gak hanya kopas dari blog atau internet, kalau pas lagi buntu kebanyakan aku kutip dari majalah, koran, dll, n selalu aku cantumkan penulisnya.

    ReplyDelete
  5. hohohooo, kalo saya bukan PV yg menipu, tapi menipu utk PV, wkwkwkkk . .
    kadang saya bikin artikel ngga jelas utk meningkatkan PV, . .
    itulah dunia blogging, sangat berwarna ^^

    ReplyDelete
  6. emang pageview sangat penting yaaCh ?? sampai2 ada yg mau menipu segala ... hhehe :D

    ReplyDelete
  7. @HeQris betul 3x

    @Ladida kl menipu utk PV gak apa2 Mas :D

    @shinobi ya, kyk gitulah kenyataan :)

    ReplyDelete
  8. yang penting happy blogging sobat... hhehe :D

    ReplyDelete
  9. absen,, wow,, kudu teliti hehe O_O mampir2 jg ya ke http://www.tirtadarmantio.com/

    ReplyDelete
  10. Happy blogging dan tetap semangat untuk selalu berbagi dalam sebuah karya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  11. wah jadi gitu ya

    baru tau kalo pageview bisa ditipu

    ReplyDelete
  12. @R.Indra Makasih Mas

    @Wetwew iya

    @Shinobi ha ha

    @Agriculture iya, sampe segitu

    ReplyDelete
  13. bg sy blog adalah tempat unek unek yg ingin sy smpaikn ke dunia, g pntng dh pny blog dg prngkt alexa yg tmbs 100rb atau trafic yg luar biasa. Ohya mending liat trafik asal pengunjungnya aja sob, buat apa page view tinggi tp vistor cuma 10 doank hehe

    ReplyDelete
  14. betul mas,..page view sendiri kadang membuat page view blog kita bertambah,.. namun kita bisa melakukan cek untuk page view kita dengan penghitung visitor seperti sitemeter.com ,.. dan kita bisa mengetahui mana pengunjung mana kita melalui IP address yang melakukan page view,.. :)

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. tulisan yang menarik dan menohok. ayo bro, tulis lagi soal tingkah laku copaser. kita dukung.

    ReplyDelete
  17. Blog w umur baru beberapa bulan tapi page view dah lumayan mungkin karena w ambil prinsip tulislah sesuai dengan kondisi kita jangan terlalu di paksakan soalnya kalau menulis di paksakan hasilnya pasti jelek,hehehe
    Mampir balik ya ke blog w

    ReplyDelete
  18. saya perna dapat pop up ini saat membuka bX-qtqxm4 cerita nya gini
    tadi baru saja saya mendapat pesan pop ketika saya ingin melihat traffict blog saya pesan nya sepeti ini bX-qtqxm4 .. saya tidak mengerti apa maksud dari pesan ini lalu saya memutus kan untuk mencari tau lewat google namun ketika saya menjelaja di sana tak ada 1 pun search bX-qtqxm4 dalam bahasa indonesia semua nya berbahasa inggris . selanjut nya baca di sini plis buat master yang bisa tolong saya

    ReplyDelete
  19. Yang sering tidak saya lakukan, saya lihat-lihat kembali tulisan-tulisan saya. Tapi dalam keadaan login, kalo wordpress pake statpress itu ga dihitung. :)

    Btw, salam kenal ya...

    ReplyDelete
  20. wuih... artikelnya mantap nih... i like it. setuju banget sama tulisan mas... mantap!!!

    ReplyDelete
  21. tulisannya bagus, klo mslah page view pnting sih yg pnting hallal :D
    mmpir ya ke eMingko Blog

    ReplyDelete
  22. @All thanx for comment :) mdh2an kt jd blogger yg enjoy dan bs membuat tulisan2an yg bermanfaat. Masalah duit belakangan aja :D

    ReplyDelete
  23. sya dulu pernah mas...pke cara yg g bener ini..tpi otomatis...setiap beberapa detik refesh sendiri...tpi sekarang sudah tobat

    ReplyDelete
  24. setuju yang penting sharing informasi

    ReplyDelete