Pages

Tuliskan Saja

Kehilangan ide dalam menulis adalah hal yang lumrah. Itu adalah hal yang biasa. Terkadang rasa malas untuk membuat sebuah tulisan juga sering terjadi. Tidak selera membuat tulisan baru.

Tapi, bila dipikir-pikir kembali hati kita sebenarnya ingin sekali membuat tulisan yang banyak. Kita ingin, ide menulis mengalir dengan lancar. Kita ingin membuat tulisan sendiri yang baik dan dibaca oleh orang lain. Dan berharap banyak bila orang lain juga menyukai tulisan kita. 

Namun, banyak hal yang menjadi kendala. Pengetahuan yang kurang, malas membaca, dan lain-lain membuat rasa malas kita membuat tulisan kambuh. Tidak tahu mau menulis apa dan akhirnya malas buat menulis.

Satu hal saja yang mungkin perlu direnungkan. Ini mungkin bukan ide yang bagus buat seorang penulis profesional. Ini hanyalah saran buat yang mau menulis, mau berbagi lewat tulisan, mau menumpahkan isi pikiran, dan apapun itu. Sarannya, tuliskan sajalah apa yang ada. Hilangkanlah kendala kurangnya bahan untuk tulisan.

Tuliskan saja apa yang ada di pikiranmu. Buanglah beban untuk membuat tulisan yang bermutu. Tulisan yang harus di mulai dengan riset, ilmu yang memadai tentang sesuatu, dan lain sebagainya. Itu urusan lain. Kita hanya ingin menumpahkan rasa. Hanya ingin bercerita lewat tulisan. Mungkin tulisannya tidak akan bermutu. Kerangka tulisan dan segala macamnya tidak jelas. Tapi, satu hal akan menjadi jelas kemudian. Lama-kelamaan membuat sebuah tulisan akan semakin mudah. Dan tanpa disadari tulisan kita akan semakin baik.

Tulisan ini mungkin juga tidak bermutu. Tapi, seperti judul tulisan ini. Tuliskan saja, apa saja. Tuangkanlah semua lewat tulisan. Terlepas dari orang tertarik dengan tulisan kita atau tidak, itu urusan belakangan. Tuliskan saja, apa saja. Selama tidak mengandung kata-kata kotor, menyinggung dan menyakiti perasaan orang lain, maka tuliskan saja. Mudah-mudahan, Anda akan mendapatkan ketenangan setelah menuangkan apa yang Anda pikirkan lewat tulisan.

22 comments:

  1. Tulisan yang menarik membahas tentang inspirasi menulis :)
    sep lah .

    daripada menguap begitu saja.lebih baik dituangkan ke sebuah wadah.

    ReplyDelete
  2. tuliskan sesuka hatimu, teriaklah sepuasnya... :D

    hallo bro.. pa kabar nih ??? :)

    ReplyDelete
  3. Kunjungan silaturahmi pagi sahabat di SIMPLE BLOG...
    Terima kasih telah berbagi tulisan yang menginspirasi ini sahabat...Teruskan untuk menulis

    ReplyDelete
  4. Lanjutkan menulisnya sob..hayi budayakan gemar menulis

    ReplyDelete
  5. @uchank betul Sob, lbih byk yg ditulis lbh baik

    @Shinobi baik2 saja :) Thanks for visiting

    @camp OK MasBro

    @webmdmk makasih sudah berkunjung :)

    @cardiacku iya Sob sama2 :)

    ReplyDelete
  6. saat ide langsung di tulis, selalu membawa kertas tuk di bawa karena manusi tempat khilaf.sangat menarik bab tulis menulis.

    silahkan mampir sob.

    ReplyDelete
  7. yg pasti setelah tau kalo kita mau post ap langsung post jgn dtunda2 :)

    ReplyDelete
  8. bener tuangkan semua fikiran kita melalui blog, sip blog nyua makin keren

    ReplyDelete
  9. Rasanya tidak mungkin kehabisan ide.
    Segala sesuatu di sekitar kita bisa jadi ide buat posting-an. Banyak hal2 kecil yang bisa kita gunakan untuk postin-an. Tinggal kitanya aja yang harus peka, dan ada keinginan untuk menuliskannya. :)

    Percuma kalo udah nemu ide tapi males menuliskannya. Keburu lupa ntar. :D

    ReplyDelete
  10. @bisnis he he, betul sob

    @cek info yupz, thanks udh berkunjung Sob

    @zhintho makasih Bro

    @Asop iya, betul 3x :D

    @Shinobi 12th comment :p

    ReplyDelete
  11. sipp nih, oke okeee...

    semangat nulis deh pokoknya, ahahahaa :D

    ReplyDelete
  12. menurut saya coretan ini sangat bermutu :) membangun semangat jiwa para blogger untuk bangkit dari keterpurukan dan ke bosanan :)

    ReplyDelete
  13. hmm..bener kawan, tuliskan saja, apa saja yang penting menulis..meskipun tidak terlalu bagus merangkai kata. Yang penting itu adalah hasil karya kita, tulisan sendiri

    ReplyDelete
  14. waww.. baca postingan ini jadi semangat nulis bro.. hehe

    nice post ^_^

    ReplyDelete
  15. betul ... menulis bisa juga melepaskan kegundahan lho ..

    ReplyDelete
  16. menulis sekecil apapun bagi seorang yang belum terbiasa adalah hal yang sangat sulit, jadi intinya perlu pembiasaan untuk menulis. Salam

    ReplyDelete
  17. tulisan n blognya bgus bgt, sya suka :)
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

    ReplyDelete
  18. sekarang aku pengen nulis artikel, tapi ide belum muncul2 juga. gmn donk..???

    ReplyDelete