Pages

Mungkinkah Google+ Mengalahkan Facebook?

Banyak orang yang memprediksi bahwa di tahun 2012 ini, persaingan Facebook dengan Google+ bakal semakin memanas. Persaingan memperebutkan jumlah pengguna serta kue iklan akan membuat kedua situs jejaring sosial ini berjuang mati-matian. Facebook akan berusaha mempertahankan eksistensinya dan google akan berusaha untuk menunjukkan relevansinya di luar kepopulerannya sebagai mesin pencari. Google akan berusaha keras untuk merebut posisi Facebook sebagai jejaring sosial nomor satu saat ini.
  

Di luar pendapat kebanyakan orang, saya pribadi berpendapat bahwa Google+ tidak akan pernah menyaingi bahkan mengalahkan Facebook. Kenapa saya berpendapat demikian? Ada beberapa alasan, yaitu:

1. Dari jumlah pengguna mungkin Google+ suatu saat bisa menyaingi Facebook. Tapi itu dari segi "pengguna", dan bukan "pengguna setia". Google+ pada 3 minggu launching perdananya langsung mendapatkan jumlah pengguna lebih dari 20 juta orang. Akan tetapi kemudian pertumbuhan penggunanya tidak lagi secepat awal peluncurannya. Bahkan tren-nya mengalami penurunan. Dengan demikian, bukanlah hal yang mudah untuk mengalahkan Facebook yang saat ini sudah memiliki lebih dari 800 juta user.

2. Orang mendaftar di Google+ kebanyakan karena ikut-ikutan di ajak oleh temannya dan didaftarkan. Setelah terdaftar, banyak yang jarang dan bahkan tidak menggunakannya sama sekali. Alasannya karena sudah terbiasa dan nyaman dengan Facebook. Selain itu, banyak yang merasa tidak mengerti menggunakan Google+ dan ini adalah fakta. Sebagian besar orang memang sudah nyaman dengan Facebook dan tidak akan beralih. Belum lagi game - game di Facebook yang bisa membuat seseorang bisa seharian di depan komputer. Kita mungkin sering mendengar orang berkata pada kawannya: "Facebook aja kerjamu!" dan belum pernah kita dengar: "Google+ aja kerjamu!".

3. Facebook bisa dibuka dengan menggunakan komputer dan juga handphone apapun. Yang penting bisa buat akses internet. Hal ini membuat kita bisa facebook-an dimana saja, yang penting ada sinyal dan pulsa handphone. Sedangkan Google+ cuma bisa dibuka menggunakan komputer dan juga dengan handphone yang terbilang sudah canggih yang tidak semua orang bisa memilikinya.

4. Facebook tidak akan tinggal diam diusik oleh Google+. Terbukti dari semakin banyaknya inovasi dari Facebook. Sejak munculnya Google+, banyak fitur-fitur yang ditambahkan oleh Facebook seperti fitur untuk mengatur privasi status, pemberitahuan dan lain sebagainya dan yang terbaru adalah Tampilan Timeline yang membuat tampilan facebook seseorang menjadi lebih menarik. Tentu saja seiring waktu, akan semakin banyak fitur yang akan ditambahkan oleh Facebook.

Mungkin masih ada lagi alasan-alasan lain. Tapi sepertinya, itu saja sudah cukup mewakili alasan mengapa saya mengatakan kalau Google+ tidak akan pernah bisa menyaingi Facebook. Mungkin dari segi jumlah pengguna, beberapa tahun ke depan Google+ bisa saja menyamai jumlah pengguna Facebook. Tapi, sekali lagi itu bukanlah pengguna setia. Dari segi fitur juga Google+ juga memang terus berinovasi, selain dari integrasinya terhadap berbagai layanan yang dimiliki oleh google. Tapi itu tetap tidak akan bisa mengusik posisi Facebook sebagai situs jejaring sosial nomor 1.

Untuk sebuah jejaring sosial, saya rasa Facebook akan terus berjaya beberapa tahun ke depan. Dan bisa saja sampai seterusnya. Bagaimana menurut Anda?

3 comments:

  1. saya rasa gak akan mungkin broo ...
    tetapi twitter lambat laun mungkin bisa menandingi facebook.

    ReplyDelete
  2. menurut saya beberapa tahun ini susah kalau google+ mengalahkan facebook, karena tidak semua pengguna internet dengan speed cepat, saya merasa menunggu terlalu lama untuk berada disana karena saya pakek modem. tidak ada teman yang disana, mereka masih suka di fb jadi saya juga enggan kesana.. punya itu juga karena saya puya blogger...

    ReplyDelete
  3. skr masih lebih bnyk yg menyukai FB, entahlah kita tunggu saja waktu k depan. apakah google+ benar2 bs menyaingi FB??? meski skr dh bnyk bermnculan jejaring sosial trbaru

    salam blogger

    ReplyDelete