Mengatasi Masalah .NET Framework 3.5 di Windows 8

Bila Anda menginstall windows 8 beserta program-program aplikasi, kemungkinan besar Anda akan menjumpai masalah program aplikasi yang mengharuskan .NET Framework 3.5 terinstall di windows 8 Anda. Walaupun di windows 8 sendiri sudah ada .NET Framework versi 4.5, tapi ternyata masih ada program aplikasi yang masih membutuhkan .NET Framework 3.5. Lucunya, walaupun Anda memiliki master software .NET Framework 3.5 yang ukurannya lebih dari 200 MB dan Anda ingin memasangkannya dikomputer, ternyata akan muncul juga pesan peringatan yang sama yaitu An app on your PC needs the following Windows feature.


Bila Anda memilih Install this feature, komputer Anda harus terhubung dengan internet dan windows akan otomatis mendownload dan menginstall .NET Framework 3.5. Anda juga harus menunggu cukup lama hingga prosesnya selesai.

Cara yang mudah adalah dengan meng - enable feature .NET Framework 3.5 yang sebenarnya sudah ada di CD instalasi OS Windows 8, maupun di flashdisk bootable windows 8 Anda. Anda tidak perlu online untuk bisa meng-enable feature ini.

Caranya, klik kanan start menu windows 8 Anda dimana saja di daerah kosong. Di bawah akan muncul semacam taskbar dan pilihan All Apps. Klik kiri All Apps untuk menampilkan seluruh program. Pilih command prompt dengan cara klik kanan dan run as administrator. Setelah Command Prompt atau CMD terbuka, ketikkan:

DISM /Online /Enable-Feature /FeatureName:NetFx3 /All /LimitAccess /Source:x:\sources\sxs

Setelah itu tunggu prosesnya selesai 100%. Setelah sukses, maka aplikasi-aplikasi yang membutuhkan feature .NET Framework 3.5 sudah bisa diinstall di komputer windows 8 Anda.

16 comments:

  1. bagus artikelnya :)
    http://salam-online.blogspot.com/2012/12/mengatasi-windows-8-net-framework-35.html

    ReplyDelete
  2. waahh.. makasih sekali infonya.. dari beberapa forum, kayaknya CMD yang cocok cuma disini..

    Semoga sukses buat semua

    ReplyDelete
  3. udah coba tp masih gagal aja,

    ReplyDelete
  4. apa karena windows8 saya bajakan, tolong pencerahannya mas bro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya cara diatas gagal karena salah ketik. atau flashdisk atau DVD instalasi windows 8 nya gak dipasang, atau DVD windows 8 nya sulit dibaca

      Delete
  5. Terimakasih banyak gan :) sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  6. Kalau masalahnya belum activate Windows itu bisa kemungkinan gak terjadi ya ?(yang cara mengaktifkan net framework 3.5 di Windows 8)

    ReplyDelete
  7. mantap gan infonya makasi ya
    mampir ke blog saya juga ya hehe
    wonderfullartikel.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. IdentityForce - Professional Identity Protection - 14 Days FREE Trial and a 17% Discount.

    ReplyDelete
  10. Kenapa punya saya tidak mau agan keterangan error: 740

    ReplyDelete