Teori Relativitas Tampilan Blog

Berbicara tentang tampilan blog, setiap orang punya pandangan tersendiri. Ada orang yang merasa blog dengan banyak pernak-pernik seperti jam, kalender, foto-foto, dan lain-lain (persis ruang tamu) itu cantik dan menarik perhatian walaupun harus membuat waktu loading yang lambat. Tapi tidak sedikit pula orang yang merasa kalau simple is the best. Simple is beautiful.

Terlepas dari semua itu, ada fakta bahwa tampilan dari sebuah blog ditentukan juga oleh browser (peramban) yang dipakai. Sebuah blog yang ditampilkan dengan menggunakan browser firefox misalnya akan sedikit berbeda dengan yang ditampilkan oleh Chrome, Opera, atau safari. Anda bisa mencoba sendiri. 

Lebih jauh lagi perbedaannya bila yang digunakan adalah browser yang tidak terlalu terkenal seperti Avant, Netscape, Maxthon, dan yang lainnya. Bahkan, banyak browser yang membuat tampilan dari sebuah blog tampak acak-acakan. Banyak widget yang salah tempat, tidak berfungsi, dan warna blog yang berubah.

Sebagai contoh bila Anda buka blog saya  dengan menggunakan firefox tampilannya akan tampak menawan karena semuanya simpel dan teratur (bercanda). Tapi bila Anda menggunakan IE tampilannya akan sedikit berubah. Apalagi bila Anda menggunakan Netscape Navigator maka tampilannya akan tampak hancur-hancuran seperti sudah ditinggal 10 tahun.

Sebuah blog sahabat yang saya anggap blog ringan nan menawan adalah ladida cafe Tampilannya bagus bila menggunakan firefox, chrome, atau safari. Tapi bila menggunakan browser kelas bawah maka tampilannya cukup memprihatinkan. Silahkan saja Anda coba.

tampilan whatuget.blogspot.com dengan Deepnet Browser

Untuk mencobanya, tentu Anda perlu mendownload browser-browser tersebut. Saya berikan link downloadnya :
1. Mozilla Firefox di http://mozilla.com
2. Google Chrome di www.google.com/chrome
3. Opera di  http://opera.com
4. Safari di www.apple.com/safari/
5. Maxthon di www.maxthon.com/
10. Browse3D di www.browse3d.com/
11. Seamonkey di www.seamonkey-project.org/
12. Lunascape di www.lunascape.tv/

Silahkan coba di komputer Anda. Mungkin tampilan blog Anda yang menarik bila dilihat menggunakan browser firefox, tapi ternyata cukup menyedihkan bila menggunakan browser-browser yang kurang terkenal.

10 comments:

  1. wah, mmbuat tampilan blog friendly dgn banyak browser sulit yah, seperti itu yg blog saya T_T
    malah mending pake IE kyknya
    itu browser nya belum support CSS3 yah, ehehee

    masih bnyak belajar ya mas, yg penting bisa buat pengunjung nyaman lah :D

    ReplyDelete
  2. Tampilan setiap blog / situs pada setiap browser pasti berbeda-beda karena browsernya terkadang belum mempunyai komponen yang bisa membaca script pada tempat kita, misalnya html 5.
    Namun semuanya bisa kita sesuaikan agar tampak sama disetiap browser :D

    ReplyDelete
  3. klo saya bru cba di FF, GC, OP, MAC, dan IE hsilnya sama tdk thu di browser yg lain. sbaiknya sih blog kita tmpilan ttp bgs dg browser apapun.
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

    ReplyDelete
  4. saya agak kerepotan kalo merubah rubah tampilan blog pada setiap browser yang digunakan sob. entar malah kesannya terlalu berlebihan..

    ReplyDelete
  5. tapi kebanyakan juga hanya menggunakan firefox dan chrome aja.. yg penting di keduanya udah cukup bagus tampilannya.. yaa.. lumanyan laah.. :)

    ReplyDelete
  6. ane jarang nyoba... selama ini cuma di firefox, jarng di chrome/IE... yg lainnya malah gak pernah nyoba..
    yg penting pengunjung senang dan betah aja dah... simple...

    ReplyDelete