Pages

Cara Mengatasi Masalah "Halaman / File Tidak Ada"

Tulisan ini merupakan update-an dari tulisan sebelumnya halaman / file tidak ada. Penjelasan pada tulisan itu mungkin agak terlalu ribet dan kurang bisa dimengerti. Saya akan mencoba untuk menjelaskan cara yang lebih sedikit mudah dimengerti. Pesan kesalahan yang muncul adalah seperti gambar 1 (klik untuk memperbesar). Untuk selanjutnya tampilan ini kita sebut halaman error.



Gambar 1

Untuk menghilangkan pesan error tersebut mungkin sebenarnya kalau Anda menghubungi call center telkom di 147, orang itu mungkin tahu penyebab dan solusinya. Tapi saya pribadi tidak menghubungi 147 karena malas. "Saya takut tidak ditanggapi".

Langsung saja cara mengatasinya. Saya menggunakan mozilla firefox sebagai browser. Caranya :

1. Buka mozilla firefox

2. Sebelum Anda membuka situs apapun, bersihkan history firefox Anda. Cara cepatnya adalah dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Del pada keyboard. Muncul kotak dialog seperti gambar 2 di bawah ini.

Gambar 2
Aktifkan semua checklist pada pilihan Details

3. Setelah itu tutup mozilla Anda.

4. Buka kembali mozilla Anda. Pastikan toolbar bookmarks Anda aktif. Perhatikan gambar 3 berikut. (klik untuk memperbesar).

Gambar 3

Yang saya berikan tanda kotak merah panjang adalah bookmarks toolbar. Itu adalah bookmark dari beberapa situs yang sering saya kunjungi. Bila Anda tidak menemukannya klik kanan pada bagian tab bar (tanda panah merah miring pada gambar) dan aktifkan checklist dari Bookmarks Toolbar.

5. Klik kanan di mana saja pada bookmarks toolbar, dan pilih New Bookmark untuk membuat bookmark baru. Buatlah sebuah bookmark dari situs yang tidak terlalu penting buat Anda. Misalnya saya buat kurangkerjaan.com. Kemudian klik Add

Gambar 4
6. Tiap kali Anda hendak internetan (browsing), klik lah terlebih dahulu situs kurang penting yang Anda buat tadi bookmarknya. Dan biasanya walaupun history browser sudah Anda bersihkan, kemungkinan situs pertama yang Anda buka tiap kali browsing masih akan di arahkan ke halaman error. Makanya, yang harus Anda klik pertama kali tiap browsing adalah bookmark situs kurang penting tadi.

7. Buka tab baru dengan menekan Ctrl + T pada keyboard (Jangan tutup dulu situs yang menampilkan halaman error tadi). Pada tab baru inilah Anda silahkan buka situs apa saja yang ingin Anda kunjungi, misalnya detik.com atau facebook.com atau terserah Anda situs apa saja. Setelah terbuka, maka halaman error boleh Anda close (tutup). Untuk selanjutnya, tidak akan muncul halaman error lagi, kecuali Anda membuka situs yang menampilkan halaman error yang tadi.

8. Intinya adalah, bila history sudah dibersihkan, kemudian sebuah situs menampilkan pesan halaman error, maka situs lain yang dibuka tidak akan 'terjangkit' lagi (tidak akan menampilkan halaman error). Yang terjangkit hanyalah satu situs yaitu situs kurang penting yang kita buat sebagai bookmark tadi. Maka tiap kali Anda mulai browsing, pertama kali kliklah terlebih dahulu situs tersebut. Anda bisa lihat contohnya dengan mengklik gambar 3 di atas. Anda bisa lihat pada bookmarks toolbars paling kiri ada logo telkom dan itu adalah situs yang 'terjangkit' situs telkom.co.id .

Silahkan dicoba.

10 comments:

  1. Sukses Pertamax sob.Perlu membaca pelan biar cermat nih.Btw Trims infonya sob

    ReplyDelete
  2. wah, jadi harus di-clear history dulu

    tips yang bagus :D

    ReplyDelete
  3. ribet gan...
    tapi thanks bwt info'ny...

    ReplyDelete
  4. OKE AKU DAH NYOBA...... BERHASIL... THAKNS

    ReplyDelete
  5. Terima kasih utk tipsnya, berhasil utk saya. Sedikit tambahan dari saya, utk bagian 5 (add new bookmark) saya gunakan URL ini: http://www.telkom.co.id/?url=http://[nama website yg tidak pernah digunakan, bisa apa saja]

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah...trimakasih gan :)

    ReplyDelete
  7. Om saya mau tanya nih , tapi koq saya ngisi kurang kerjaan tapi yang ke buka malah situs nya , ga di blok ma telkom.co.id om .

    Memang begitu atau gimana ..

    Bales ke email saya ...

    Thx sebelum nya .

    ReplyDelete
  8. Salam Berbagi,
    sebenarnya dalam kasus ini penyebabnya ada di internal telkom, dimana dns server telkom gagal meresolve halaman website yang ingin kita kunjungi. nah.... saya ingin berbagi sedikit (kebetulan saya webmaster jadi tahu alurnya), sangat simpel sekali. setiap anda menemukan kasus redirect halaman tidak ditemukan (contoh:http://www.telkom.co.id/?url=http://a6smile.web.id)cukup hapus url tersebut sehingga menjadi a6smile.web.id? "ingat isi dengan tanda tanya ya...!!!"
    maka dns telkom akan meresolve url tsb sebagai url baru karena mengandung variable "?".

    semoga bermanfaat...!!!

    ReplyDelete