Pages

Install Windows 7 di Netbook BenQ Lite U121 Eco

Kemarin saya install ulang laptop BenQ Lite U121 yang bawaannya adalah Windows XP. Ternyata di BIOS nya itu tidak ada pilihan mode hardisk IDE atau SATA. Dan seperti biasanya, kalau sudah begini yang terjadi adalah Blank Screen Of Death (BSOD). Kalau di BIOS nya ada pilihan compatibility untuk IDE atau SATA, gak akan jadi masalah karena masalah blank screennya akan bisa di atasi seperti pada tulisan yang ini.

Dicari-cari di google, banyak yang menyarankan untuk membuat CD instalasi windows XP sendiri pakai aplikasi nLite. Tapi, driver SATA untuk tipe laptopnya harus sudah didapat. Bingung karena tidak mendapatkan drivernya akhirnya saya putuskan buat nginstall windows 7 saja.

Malangnya, ternyata waktu install windows 7 pun terjadi error yang terjadi pada. Pesan errornya kira-kira seperti ini: " Windows setup could not configure Windows to run on this computer's hardware". Makin bingung dah jadinya.

Akhirnya langkah yang saya ambil adalah BIOS saya kembalikan lagi ke pengaturan default. Kemudian pada saat install windows 7 nya, partisi hardisk saya delete semua. Tapi sebelumnya, data yang ada di drive D sudah saya pindahkan terlebih dahulu ke hardisk eksternal. Setelah itu hardisk saya delete dan alokasikan partisi baru lagi. Dari hardisk 160 GB, drive C saya buat 60 GB dan sisanya jadi D untuk tempat menyimpan data.

Setelah saya lakukan seperti itu, akhirnya proses instalasi windows 7 pun bisa selesai. Windows 7 pun bisa "menetap" dengan sempurna di laptop BenQ Lite U121 Eco. Mission complete :)

Sorry, ada yang lupa. Untuk driver VGA nya silahkan pakai aplikasi slimdriver. Di situs resminya cuma ada driver buat windows XP. Oke? :)

1 comment:

  1. Saya memiliki serupa. Sering BSOD dan bikin saya frustasi. Bawaan asli: XP, 160Gb dg RAM 1Gb. Sering crash karena kapasitas memory yg minim. Walau di restore ke default tetap terjadi BSOD. minta update driver? (sedangkan XP sudah END - gak bisa update lagi..)
    Pernah kepikir untuk ganti ke Win-7. tapi saya ragu, apakah lancar dan bisa mengatasi BSOD?
    PLS HELP!! apakah

    ReplyDelete