Pages

Cara Mengatasi Kipas Laptop Bising

Pernahkah laptop Anda tiba-tiba seperti "meronta" dengan kipas yang bekerja ekstra keras dan mengeluarkan suara yang cukup "bising"? Bahkan hal itu sering terjadi. Anda mungkin masih maklum kalau hal itu terjadi pada saat Anda sedang main game berat atau sedang menggunakan program yang menghabiskan banyak memori dan prosesor (CPU) laptop Anda. Tapi, bila Anda tidak tahu program apa yang sedang memakai banyak sumber daya CPU tentu Anda khawatir.

Saya mengalami hal ini pada laptop saya Acer 4739 dengan prosesor Intel Core i3 2,4 GHz dan RAM 4 GB. Walau terkadang saya tidak sedang memakai aplikasi "berat", tapi tiba-tiba kipas laptop "meraung-raung" bekerja keras untuk membuang hawa panas dari dalam laptop. Apa penyebabnya?

Dari analisa saya, mungkin kipasnya sering "bising" walau prosesor tidak sedang bekerja 100 % disebabkan sudah bawaan hardware laptop jenis ini. Walau  beban prosesornya baru sekitar 70 %, tapi kipasnya sudah "bising". Karena sepertinya hal ini adalah bawaan laptopnya, saya tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi, saya mencari program apa yang sering banyak memakai CPU. Saya memakai program Proccess Explorer untuk memeriksanya. Saya menemukan ada program svchost.exe(LocalServiceAndNoImpersonation) yang fungsinya tidak terlalu penting, tapi "memakan" CPU sekitar 30 persen. Proses ini kemudian saya kill.

Selain proses yang tadi, ada juga proses MsMpEng.exe yaitu service security Windows defender. Layanan  ini tidak bisa saya matikan karena saya memakai Antivirus MSE dari Microsoft. Saya terpikir bahwa MSE ini sering melakukan scan terhadap semua file pada saat suatu folder dibuka sehingga bila isi folder kadang terlalu banyak antivirus ini akan memakai lebih dari 30 persen CPU dan menyebabkan kipas bekerja ekstra keras.



Yang saya lakukan kemudian adalah menghilangkan pilihan scan archive files pada MSE (seperti gambar di atas) dan juga dengan menggunakan program proccess explorer saya mengubah prioritas MsMpEng.exe menjadi normal.


Intinya untuk menghilangkan kebisingan kipas di laptop saya adalah dengan mematikan proses yang memakan banyak sumber daya prosesor. Dalam hal ini saya menggunakan proccess explorer untuk melihat semua proses yang sedang berjalan.

Itu adalah pengalaman saya pribadi dengan laptop Acer saya. Bagaimana dengan pengalaman Anda? Mari berbagi dengan share pengalaman Anda di bagian komentar.

4 comments:

  1. makasih gan infonya


    PROMO SPESIAL TELKOMSEL , Harga Pulsa Data Telkomsel Nominal 50rb & 100rb Turun Harga. Pulsa Data 1,5 GB Hanya Rp.45,500 Buruan Akses www.serbabayar.com atau Gunakanan Apps di : https://goo.gl/ge8E2d

    ReplyDelete
  2. Saya jg punya masalah yg sama dgn notebook asus x200ma. Kipas berputar cepat sampai bersuara bising padahal suhu CPUnya biasa saja. Kadang jg tiba2 cepat dan beberapa detik kemudian normal. Gak tau masalahnya apa :-) baru mau saya coba tips dari agan. :-)

    ReplyDelete
  3. Saya jg punya masalah yg sama dgn notebook asus x200ma. Kipas berputar cepat sampai bersuara bising padahal suhu CPUnya biasa saja. Kadang jg tiba2 cepat dan beberapa detik kemudian normal. Gak tau masalahnya apa :-) baru mau saya coba tips dari agan. :-)

    ReplyDelete
  4. I've used Kaspersky protection for a few years now, and I'd recommend this solution to all of you.

    ReplyDelete